WHAT'S NEW?
Loading...

Macam Macam Arduino | Arduino Uno R3


Arduino Uno R3 adalah papan mikrokontroller yang paling umum digunakan oleh orang indonesia untuk membuat berbagai macam kreasi elektronika mauupun robotika. Disamping Arduino Uno R3 mudah didapat, board ini juga punya kloningnya atau KWnya yang dibuat diindonesia tepatnya di jawa barat. tentu harganya jauh dibandingkan harga Arduino Uno R3 yang Original buatan Itali.
Uno dalam bahasa Itali artinya "satu" namun pada Arduino Uno R3, kata Uno bukan berarti versi pertama pada Arduino Uno itu sendiri melainkan versi terbarunya. Arduino Uno mempunyai 2 versi sebelumnya, yaitu:
  • Arduino Uno  Revisi 2 dan
  • Arduino Uno  Revisi 3
Namun untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai Arduino Uno R3 Secara lengkap. Arduino Uno R3 adalah keluaran pabrik "Arduino Uno", sudah menggunakan mikrokontroller ATmega328. Arduino Uno R3 mempunyai 14 digital pin input / output (6 dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator keramik 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset di papan. 

Spesifikasi Arduino Uno R3
MicrocontrollerATmega328
Tegangan Jalan5V
Tegangan Masukan ( Rekomendasi) 7-12V
Batas Tegangan6-20V
Digital I/O Pins14 (of which 6 provide PWM output)
Analog Input Pins6
DC Current per I/O Pin40 mA
DC Current for 3.3V Pin50 mA
Flash Memory32 KB (ATmega328) of which 0.5 KB used by bootloader
SRAM2 KB (ATmega328)
EEPROM1 KB (ATmega328)
Clock Speed16 MHz
Panjang68.6 mm
Lebar53.4 mm
Berat25 g

Power Arduino UNO R3
Arduino Uno R3 dapat dioperasikan menggunakan 3 cara. pertama dengan menggunakan koneksi USB dengan komputer, Adaptor AC-DC , dan menggunakan batu baterai. 
Pin listrik pada board Arduino Uno R3 :
  • Pin VIN atau Voltage In yaitu pin untuk tegangan masukan papan
  • Pin 5V atau pin 5 Volts adalah pin keluaran dari papan arduino yang nantinya digunakan untuk menyuplai perangkat serial yang bekerja dengan arduino. 
  • Pin 3.3adalah pin yang memasok 3,3 volt yang dihasilkan oleh regulator on-board. Menarik arus maksimum adalah 50 mA.
  • Pin GND yaitu Pin Ground
  • Pin IOREF
Tegangan yang disarankan Untuk pengoprasian Arduino Uno R3 adalah 7 -12 V. tegangan dibawah atau diatasnya akan merusak papan Arduino.

Memori Arduino Uno R3
 Pada ATmega328 Memori Flash yaitu 32Kb yang pada 0,5 Kb digunakan untuk bootloader. Sedangakn SRAM 2Kb dan EEPROM 1Kb.

Pin Arduino UNO R3
Arduino Uno R3 memiliki total 14 Pin input dan output dengan menggunakan script pinMode(), didtalWrite() dan digitalWrite(). Setiap pin beroprasi pada tegangan 5 Volt dan maksimal dapat menerima 40 mA. Selain 14 Pin I/O Arduino Uno R3 juga mempunyai pin khusus diantaranya:

  • Serial: 0 (RX) dan 1 (TX). Digunakan untuk menerima (RX) dan mengirimkan (TX) TTL data serial. Pin ini terhubung ke pin yang sesuai dari ATmega8U2 USB-to-TTL Serial Chip.
  •  Eksternal Interrupts: 2 dan 3. Pin ini dapat dikonfigurasi untuk memicu interupsi pada nilai rendah, naik atau perubahan nilai dengan menggunakan script attachInterrupt ().
  •  PWM: 3, 5, 6, 9, 10, dan 11. Memberikan 8-bit PWM output dengan script analogWrite ()     
  •  SPI: 10 (SS), 11 (MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK). Pin ini mendukung komunikasi SPI menggunakan Library SPI.
  •  LED: 13. Pada Arduino Uno R3 dirancang ditambahkan LED yang terhubung ke pin digital 13. Ketika pin berstatus HIGH maka LED akan menyala begitu sebaliknya.
  •  6 input analog, berlabel A0 hingga A5, yang masing-masing menyediakan 10 bit resolusi.

  •  TWI: pin A4 atau SDA dan A5 atau pin SCL. Dukungan komunikasi TWI menggunakan library Wire.

Ada beberapa pin lainnya di papan:

  • AREF. Tegangan referensi untuk input analog. Digunakan dengan analogReference ().
  • Reset. pin yang dimana jika statusnya LOW maka akan mereset papn. keadaan ini digunakan biasanya karena tombol reset terhalangi oleh Arduino Shield diatasnya

Pemetaan port ATmega328

Pemrograman Arduino Uno R3
Arduino Uno dapat diprogram dengan software Arduino  Pilih "Arduino Uno dari menu Tools> Board (sesuai dengan mikrokontroler  Anda). Untuk rincian, lihat referensi dan tutorial.

Perlindungan dari Kelebihan Arus
Arduino Uno memiliki polyfuse reset yang melindungi port USB komputer Anda dari arus pendek dan arus lebih. Meskipun kebanyakan komputer memberikan perlindungan internal mereka sendiri, sekering memberikan lapisan tambahan perlindungan. Jika lebih dari 500 mA yang masuk ke port USB, sekering otomatis akan mematahkan sambungan atau overload akan dihapus.

Karakteristik Fisik 
Panjang maksimum dan lebar PCB Uno adalah 2,7 dan 2,1 inci masing-masing, dengan konektor USB dan jack listrik. Empat lubang sekrup disisi papan


1 komentar: Leave Your Comments